Tulisan ini dibuat untuk post kolase gambar diskusi tentang manajemen cube Azur Lane di Azur Lane Indonesia Community. Aku memutuskan untuk memasang ini di blog sekalian karena why not.
Sebagai preface, manajemen cube Azur Lane itu butuh waktu yang nggak sebentar. Kalau di event sekarang cube kalian habis, manajemen cube ini baru mulai berguna buat paling tidak 4 event gacha setelahnya, kalau kalian rajin.
Tulisan ini dibuat oleh orang yang udah bisa nabung selama 2 tahun sampai jumlah 1400an cube, mulai dari setelah event Ulrich yang pertama sampai event Soyuz sekarang (waktu dapet Soyuz udah ngurang 200an cube). Bukan pamer, tapi anggep ini sebagai cerita sukses yang bisa ditiru.
Kiat utama
Ada tiga kiat utama dari manajemen cube, kalau nggak mau ngeluarin duit buat beli paket cube di toko:
- Rajin menabung;
- Hemat cube buat keperluan gacha atau yang lainnya;
- Nggak kemaruk atau serakah di luar kemampuan dalam satu event tertentu.
Rajin menabung
Tingkat rajin buat nimbun cube ini rasanya perlu sampe di tingkat minmaxxing daily net/pendapatan cube dari misi dan comission. Dalam artian, harus bener-bener perhitungan seberapa banyak cube yang keluar-masuk dari construction sama pendapatannya, apalagi kalau di tahap cube yang ada sudah satu digit.
Untuk pendapatan cube, sumber-sumbernya diantaranya:
- Daily dan weekly mission. Ini sumber pendapatan yang pasti dan jumlahnya fixed, jadi jangan sampai skip;
- Commission, baik yang durasi pendek dan menengah (satu per commission) dan juga yang 10 jam (min. 5 kalo ga salah. intinya pasti ada jumlah minimal yang bisa didapet). Untuk yang durasi pendek dan , dapetnya random, jadi jangan berharap banyak, tapi jangan diskip juga. Untuk yang 10 jam, usahakan untuk didapet sebanyak mungkin dengan rutin ngikutin commission 10 jam, selama cost oilnya nggak jadi masalah, seperti waktu di luar event atau waktu jumlah oilnya luber di atas soft cap dan regen oil udah mau cap.
- Point shop, dari mana aja selain yang berbayar. Ini prioritasnya paling rendah, jadi nggak usah diharap banyak-banyak, tapi kalau keluar langsung sikat.
Hemat pangkal kaya
Ini poin minmaxxing yang disebutkan sebelumnya. Usahakan pengeluaran cube sesedikit mungkin kecuali jika perlu. Daily construction, misalnya, bisa dihemat kalau pake light construction yang costnya cuma 1 daripada heavy & special yang costnya 2. Beberapa spending di luar construction, seperti Cube Analysis di Research, sebisa mungkin jangan diambil, kecuali research pelangi kalau kalian mau.
Construction event dan non-event
Di luar event, usahakan pengeluaran cube per hari sesedikit mungkin untuk urusan construction. Untuk daily mission (build 1 ship) sudah disebutkan sebelumnya, dan itu pun terhitung net zero, cost bikin 1 ship di light construction langsung diganti sama reward daily missionnya. Untuk beberapa hal lain seperti side event yang reward akhirnya skin atau equipment ungu, jangan langsung bikin 2 ship bersamaan waktu muncul objektif “build 2 ships” karena bisa dicicil dua hari.
Kalau event gimana?
Batesin jumlah gacha harianmu. Jangan ngebet langsung ngedapetin semua karakternya di hari pertama event, eventnya masih ada 13 hari lagi.
Sebagai contoh, alur gacha banner event punyaku biasanya ngejar max. 30-40 roll per hari di beberapa hari pertama, itupun lebih banyak di bawahnya karena jarang punya coin sebanyak itu. Setelah akhirnya dapet satu-dua kapal, gacha harian aku batesin sampe 10 roll per hari, mungkin ditambah dikit-dikit 3 roll sekali gacha kalau gatel. Kalau sudah tinggal satu, aku cuma ngeluarin 3 roll per hari buat nyelesaiin daily event mission.
Ini arbriter ya, yang nentuin ujung-ujungnya kalian sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan. Yang penting dibatesin biar ga keluar banyak-banyak sampe tiba-tiba abis.
Jangan serakah
Ini poin penting apalagi kalau tabungan cube yang ada masih dibawah 400 buat spark UR.
Jangan serakah kepengen dapet semua karakter kalau ga ada modalnya. Kurangin ekspektasi dan harapan bahwa bakal dapet semua karakter di akhir event. Pertimbangkan tabungan kalian untuk event setelah ini, jangan fokus ke event yang ada sekarang aja. Digabung dengan poin pembatasan sebelumnya, ini bisa ngurangin pengeluaran yang lumayan banyak.
Misalkan di event Soyuz ini, tabungan cubeku sebelum event mepet banget, 380an cube. Selisih yang dibutuhkan buat spark, jaga-jaga kalau nggak dapet sebelum nyentuh pity, masih sedikit dan harusnya bisa didapetin dari daily-weekly dan hasil commission.
Karena ini event UR, dan aku ga punya modal cube yang cukup buat spending banyak banget, yang aku fokusin ya dapet UR Soyuz, bukan kapal yang lain, apalagi karena pengen banget gara-gara udah muncul dari lama tapi ga keluar2 di gacha.
Setelah gacha dengan pola yang aku sebutin sebelumnya, ternyata aku dapet Soyuz setelah nyentuh 150 roll, tapi masih belum dapet Ognevoy (dedek lembut uohh). Tapi kepikiran, masih ada event setelah ini, dan ga ngerti event apa. Bisa jadi ada kapal baru yang dipengenin.
Dalam kondisi seperti ini, akan lebih baik buat aku untuk prioritasin ngurangin gacha sampe yang dibutuhin daily mission event, 3x sehari. Kalo bisa dapet Ognevoy sebelum event selesai ya syukur, tapi kalau engga ya yasudah. Bisa didapetin waktu rerun.
ini kejadian beneran di event tashkent btw, baru dapet waktu masuk permanent banner, itupun ga langsung dapet.
Gimana kalau event non-UR?
Sama, tapi prioritasnya jadi lebih rendah lagi. Kalau jumlah cube masih dibawah 400, prioritasin tabungan buat event UR daripada ngedapetin kapal baru di event biasa. Apalagi kalau yang belum dapet dari gacha ternyata bisa dituker di event shop/drop B/D3.
Pembatasan prioritas dapet kapal mungkin bisa berupa jumlah cube/roll yang dikeluarin sampai dapet sekian kapal event, setelah itu jangan ngebet ngedapetin. Misalnya ketika udah dapet 3 dari 5 kapal yang ada di banner, intensitas gachanya dikurangin biar ga cepet abis. Kalau sudah macem ini, kurangin ekspektasi dapet atau enggaknya (kalau dapet syukur, kalau engga yasudah).
Kalau baru mulai nabung, seperti jumlah cube bener-bener mulai dari nol, ekspektasi dan jumlah cube yang dikeluarkan juga harus bener-bener dikurangin. Prioritaskan menabung. Tapi saran sih mulai nabung ketika event baru selesai, ketika bannernya abis, biar bisa bener-bener fokus keluar 1 cube/hari. Kalau event masih berjalan sih keluar seperlunya aja, atau bener-bener net zero, dapet berapa cube langsung diabisin buat gacha. Terserah.
Beberapa pertimbangan lain
Sampai kapan harus penuh perhitungan?
Batas minimum tabungan sekiranya 400 cube, biar bisa spark kapal UR. Tapi secara pribadi aku nyaranin 500-700an jadi batas dimana kalian bisa berhenti frugal ngeluarin cube, biar waktu event non-UR pun bisa ngabisin cube tanpa banyak perhitungan tapi masih dibatesin.
Apa harus 10 roll sekali gacha/construction?
Azur Lane nggak punya sistem nambah chance seperti Arknights, jadi asumsinya chance rarity per satu roll itu fixed. Kalau seperti ini, jumlah kapal yang dibuat sekali jalan nggak berpengaruh ke chance kalian dapet kapal SSR/UR, dan jumlah 10 roll maksimal sekali gacha cuma berpengaruh biar ga cape ngeklik/tap satu-satu (macem construction Kancolle atau Girls’ Frontline, yang dibatesin slot construction). Ini berpengaruh besar ke sisi psikologis ekspektasi keluarnya rarity tinggi dalam sekali gacha, dan juga pembatasan arbriter dari jumlah gacha dalam satu hari, yang kembali lagi ke pembatasan pengeluaran cube biar bisa ditabung buat event selanjutnya.
Kesimpulan
tl;drnya, rajin-rajin main dan ngejalanin misi/komisi, dan banyak berdoa biar ga abis banyak-banyak cube.
Tulisan ini dibuat karena topik manajemen cube di event keluar di discord Tier List Azur Lane, dan hasil bincang-bincang di grup messenger ALIC.