First thing first.

Pertama kali aku deep dive masuk rabbit hole ini karena butuh aplikasi buat nyatet-nyatet tulisan. Sebelumnya untuk nulis catetan cuma pakai notepad dan sejenisnya, dan catetan jaman2 segituan masih banyak di hdd laptop. Selain itu, aku juga nyari task management tool, minimal macem tabel buat ngetrack udah ngerjain apa aja yang perlu dikerjain dalam satu hari hingga jangka menengah non-defined. Syarat awal cuma dua: 1) versi gratis punya fitur yang cukup untuk kebutuhan di atas, dan 2) ada versi linux karena sekarang udah ga pake windows lagi. Open source jadi nilai tambahan, tapi tbh jadi prioritas besar waktu nyari-nyari aplikasi.

Aku pertama lari ke aplikasi Evernote-like, yang fokusnya buat note-taking. Agak lupa sejauh apa nyari alternatif yang gratis dan punya fitur yang nggak terlalu terbatas, tapi akhirnya stay sama NotesNook setelah disaranin sama temen. Di awal-awal ini juga mulai tertarik ke Notion-like dan Obsidian-like apps, tapi dibahasnya abis ini.

Notesnook

Tangkap layar waktu make Notesnook buat nggantiin LibreOffice buat penerjemahan.

https://notesnook.com/ - Free with paid plans, Open Source Verdict: Buat free version, bagus kalo butuh tempat nyatet tanpa gambar yang bisa sinkronisasi antar device.

Nggak bakal nulis banyak kesan dari aplikasinya sendiri, karena udah banyak artikel/video yang ngasih informasi seputar itu.

Fitur utama Notesnook Gratisan?

  1. Sinkronisasi notes dengan menggunakan akun;
  2. Manajemen notes pake “Notebooks”, kurleb berupa simple organization untuk notes dengan topik tertentu;
  3. Keamanan notes terjamin dengan enkripsi yang tersedia buat semua jenis akun. Ini juga termasuk fitur app lock di versi Android yang perlu pake sidik jari (kalau unlock hape juga pake sidik jari), dan bisa diatur levelnya mulai dari ga pake app lock, pake tapi di awal doang, sama pake setiap aplikasi dibuka;
  4. Publiksasi notes (namanya “monograph”) yang built-in sama aplikasinya;
  5. Vault buat catatan yang dirasa penting (password protected).

Yang nggak bisa kamu lakukan atau dibatasi di Notesnook gratisan:

  1. Gabisa naruh gambar di notes;
  2. Tags buat nandain notes cuma bisa maks. 4;
  3. (Harusnya) gabisa ganti tema (light/dark, dan ada community? theme buat ganti warna dan shading light/dark), tapi gw somehow bisa. Kayaknya dulu dibatesin buat premium tapi akhirnya dibuat free;
  4. Auto-sync dibatasi buat premium;
  5. Reminder cuma bisa one-time, jadi ga bisa buat task management. Beberapa fitur premium lain kalo kataku ga esensial banget.

Buat aku, fitur dasar dan sinkronisasi bawaan dari Notesnook udah bagus banget karena 1) akhirnya ada aplikasi buat nulis-nulis catatan kecil maupun besar, dan 2) bisa dibuka lewat hape jadi tanpa buka laptop pun bisa nulis dan nantinya bisa dibuka juga di web. Satu-satunya artikel full yang ketulis di sini cuma nerjemahin bab buku Foucault yang bisa dibaca di sini, selain itu masih nihil soalnya mageran. Sampe sekarang masih dipasang di laptop dan hape sih, siapa tau butuh sinkronisasinya waktu ga megang laptop dalam jangka panjang. Kalo masih di rumah mah tinggal kirim2 pages/clipboard pake KDE Connect.

Satu hal lagi, aplikasi desktop Notesnook bakal jalan di system tray.

Waktu pake Notesnook udah ngerasa terpenuhi kebutuhan tulis-menulisnya, tapi setelah itu terbesit keinginan untuk punya tempat buat ngatur task, at least macem papan tugas yang gampang diedit detil-detik tasknya apa aja.

AppFlowy

Pake aplikasi ini karena kurang suka sama aplikasi task manager yang ada di pasaran, mulai dari yang modelan To-do List sampe TickTick.

tbh, yang kepake cuma tabel macem gini doang.

https://www.appflowy.io/ - Free, Open Source Verdict: No. Mungkin nanti bakal nyoba lagi waktu keluar versi full (v1.x) tapi bakal lama banget itu.

In all honesty, terakhir make AppFlowy sekitaran 3 bulan lalu rasanya ini aplikasi barebone banget. Fitur utama dari AppFlowy itu bikin tabel data yang bisa diubah mode previewnya, mulai dari tabel, kalender, sama board. Kalo ngelihat preview update dari webnya waktu nulis ini (Desember 2023), ada fitur cloud yang masih beta dan ada AI writing tool. Cocok sama aplikasi ini cuma buat fitur board to-do list doang, selebihnya nggak dipake sama sekali.

Lambat laun setelah make ini, aku berusaha nyari aplikasi yang bisa ngetrack proyek ataupun kerjaan kecil sampe besar yang perlu aku lakukan. Dari sini, akhirnya ketemu lah sama aplikasi Notion-like dan Obsidian-like.

Dua Kiblat: Notion dan Obsidian/Zettelkasten

Actually, I lied. Waktu nyari aplikasi task manager udah ketemu sama aplikasi manajemen ilmu yang lain, cuman waktu itu bukan sesuatu yang aku rasa butuh untuk make. AppFlowy/WorkFlowy sendiri juga pada dasarnya masuk ke kategori aplikasi manajemen ilmu, tapi balik lagi, fitur utamanya ga kupake.

Jadi sepemahamanku, ada dua model utama aplikasi manajemen ilmu: Notion dan Obsidian. Aplikasi semacam ini fungsionalitas dasarnya bisa dibilang cuma buat nyimpen catatan, tapi yang membedakan adalah seberapa jauh manajemen catatan-catatan tadi hingga kemudian bisa jadi “otak kedua”, kalau aku nyomot kata beberapa youtuber yang bikin video terkait topik ini. Keduanya merujuk ke aplikasi pertama yang “invent” cara manajemen ilmu mereka (dan nggak bikin nama metode tersendiri). Selain itu, ada satu aplikasi yang secara notable menggunakan satu metode manajemen ilmu spesifik, yaitu Zettelkasten. Obsidian (dan Obsidian-like), meskipun tidak memasarkan dan menyebut kalau aplikasinya menggunakan sistem manajemen Zettelkasten, aku rasa pada dasarnya menggunakan sistem serupa.

Ada beberapa aplikasi yang punya sistem manajemen ilmu yang berbeda, seperti WorkFlowy (baru tahu ini aplikasi akhir-akhir ini, tapi udah pake versi FOSSnya duluan), tapi aku rasa model metodologinya kurang lebih masih bisa disamakan dengan salah satu dari dua aplikasi yang disebut sebelumnya.

Notion-like

Aplikasi yang aku pakai sebelumnya yang masuk ke kategori Notion-like adalah AnyType. Ada beberapa aplikasi lain yang juga dicoba dan masuk ke kategori ini, tapi yang paling cocok ya AnyType.

AnyType

Contoh pencatatan proyek yang dulu kutulis di AnyType.

https://anytype.io/ - Free, Open Source Verdict: Bawah. tl;dr pake Notion kalo ga peduli sama FOSS atau butuh fitur kolaboratifnya.

Saranku, kalau ingin nyoba aplikasi yang fiturnya seperti Notion, untuk keperluan individu AnyType sudah lebih dari cukup, atau kalau mau produk yang lebih matang dan ga sebegitu peduli sama FOSS ya pake Notion. Kalau untuk keperluan kelompok/collaborative effort seperti buat kerjaan bersama rekan kerja lain, untuk sekarang cuma Notion (proprietary) yang menyediakan fitur kolaboratif. Anytype sendiri baru menjadwalkan fitur kolaboratif untuk kuartal akhir 2024. Nggak bisa ngasih komentar banyak seputar mending Notion atau Anytype karena belum nyoba Notion sendiri.

Proyeksi fitur mendatang yang bakal diluncurkan AnyType.

Alasan kenapa nggak pake proprietary software dan lebih fokus ke FOSS sih karena salah satu pertimbangan saat itu nyari yang bisa digunakan buat collaborative effort, meskipun nantinya juga ga dipake.

Anyway, fitur utama AnyType:

  1. Keamanan data. AnyType pake fitur offline first, dan fitur syncnya pake sistem P2P. Pihak AnyType nggak nyimpen data catatan yang kamu tulis sama sekali. Dan sudah terenkripsi, yang jelas.
  2. Sistem manajemen akun yang unik. Alih-alih pake kombinasi username dan password, AnyType pake sistem passphrase/recovery phrase berupa gabungan dari 12 kata acak yang jadi pembeda akunmu dengan akun orang lain. passphrasenya ga bisa diganti ya, jadi kalau mau pake ini taruh di catetan terpisah atau password manager secara manual.
  3. AnyType menggadang-gadang aplikasinya sebagai aplikasi catatan apapun. apapun. bisa dibilang ga salah juga sih, aplikasi manajemen ilmu juga kurang lebih fungsinya sama, tapi contoh yang diberikan macem buat resep, itineri tujuan wisata, dsb. di situsnya bukan satu hal yang orang (atau mungkin cuma saya) bayangin soal konsep aplikasi manajemen ilmu.

Sebagai aplikasi Notion-like, manajemen catatan Anytype dilakukan dengan menggunakan label-label berupa Set dan Group untuk mengorganisasi catatan yang disebut sebagai Object. Bisa jadi ada istilah berbeda di Notion, tapi kurang lebih cara kerjanya sama. Kamu bikin sebuah object, misalnya untuk catatan terkait kerjaan. Set untuk object ini buat kategorisasi, sedangkan Group berdasarkan jenis catatannya, apakah ini masuk Task, Notes, dsb..

Sebagaimana aplikasi manajemen ilmu, kamu bisa ngelink satu object dengan object yang lain dengan ngetik ”/” > menu “Object” > nama object yang mau dilink atau bikin object baru. Manajemen penulisan AnyType semuanya bisa diakses dengan ngetik ”/”, mulai dari ngelink object, bikin styling paragraf macem tick, bulletpoint, heading, dsb..

Satu hal yang aku keluhkan dari AnyType: Lumayan lemot buat laptopku yang spek kentang. Besar kemungkinan yang bikin lemot adalah sistem sinkronisasinya yang fokus ke tiap object, jadi harus ngetrack satu-satu object mana aja yang udah sinkron dan belum. Satu lagi, AnyType keluar di system tray, dan bisa jadi satu hal yang nambah kenapa agak berat di laptopku. Harusnya untuk komputer yang speknya menengah ke atas bakal lancar-lancar aja.

Setelah make AnyType untuk beberapa lama, akhirnya sadar apa yang aku butuhkan dan apa yang sebenernya aku inginkan dari aplikasi catatan/manajemen ilmu: 1) Aku ga butuh sinkronisasi untuk aplikasi yang ngetrack proyek; 2) Aku butuh tempat nulis yang bikin betah, karena meskipun masih make Notesnook sampe sekarang, kebanyakan cuma dibuat notes kecil-kecilan aja daripada jadi tempat nulis.

Dari sini, akhirnya aku balik ke aplikasi-aplikasi yang sebelumnya udah aku coba.

Obsidian-like

Untuk aplikasi Obsidian-like, aku sempat (dan sekarang) pake baik aplikasi proprietary dan FOSS: Logseq, Zettlr, dan Obsidian. Dan seperti yang aku sebutkan sebelumnya, manajemen ilmu aplikasi-aplikasi ini bisa dikatakan menggunakan sistem Zettelkasten.

Manajemen catatan aplikasi Obsidian-like bergantung kepada hubungan antar catatan dengan menggunakan link (judul dari catatan lain yang dimasukkan kepada sebuah catatan) dan tags berupa tagar ataupun fitur properties > tags. Yang membuat aplikasi Obsidian-like sangat powerful adalah fitur tampilan hubungan antar catatan dengan Graphs dan Canvas.

Contoh manajemen artikel blog yang aku buat di Obsidian. Itu notes DnD nyempil anjime

Kalau Graphs sudah bisa dilihat di gambar di atas, Canvas kurang lebih kayak bikin mading dari notesmu. Cocok buat manajemen visual yang lebih granular karena nggak bergantung ke sistem tags, tapi aku pribadi belum nyoba karena belum ngerasa butuh. Fitur Graphs dan Canvas sendiri cuma ada di Obsidian dan Logseq.

Karakteristik dari aplikasi-aplikasi ini salah satunya adalah penggunaan Markdown formatting, yang konsekuensinya semua mendukung format .md. Selain itu, semua aplikasi ini nyimpan format plain Markdown, jadi kalo dibuka dengan aplikasi yang bisa buka file Markdown kamu bisa nulis/ngubah isinya tanpa terlalu ribet (with some exception sejauh yang aku coba). Learn Markdown, please.

Semua aplikasi Obsidian-like yang aku coba nggak masuk ke system tray.

Logseq

Tangkap layar Logseq waktu dulu nyoba.

https://logseq.com/ - Free, Open Source

Karena fitur utama dari aplikasi-aplikasi ini sama, jadi yang dilist yang beda-beda aja.

  1. Input untuk Logseq otomatis pake model bullet point, nanti bisa keganti sama number list kalo emang mau ditambah number list (tinggal ngetik “1. ” otomatis dimasukkan ke row bullet point). Minusnya, buat ekspor file .md (misalnya pindahan dari aplikasi Obsidian-like lain) harus naruh direktori kerja sebelumnya ke direktori kerja Logseq. Ini sepertinya berpengaruh ke formatting file .md;
  2. Logseq otomatis bikin direktori di folder Documents di komputer, di mana kamu bisa buka catatanmu berupa file .md. Bisa ganti tipe file antara .md dan .org di Settings;
  3. Ada fitur Cards dan Cloze untuk self-quiz. Bagus buat latihan materi yang kamu tulis di Logseq;
  4. Ada daily notes buat jurnal/diari harian;
  5. Ada fitur plugin buat ngembangin fungsionalitas dari sistem catatan Logseq. Kurang tahu persisnya sebanyak dan seintens apa pluginnya dibandingkan punya Obsidian;
  6. Formatting preview gambar yang sudah ada sebagai aset di dalam direktori kerja menggunakan sistem link;
  7. Ada versi dekstop (MacOS, Windows, dan Linux; Linux cuma ada versi AppImage) dan mobile (Android dan iOS).

Fitur Beta:

  • Sinkronisasi.
  • Whiteboard, nama lain dari Canvas yang ada di Obsidian. Cuma ini lebih freeform fungsionalitasnya, jadi bisa lebih powerful tapi di sisi lain juga kalo nggak tertarik dengan fitur sedemikian rupa makin males make karena kurva pengenalan fiturnya makin nambah.
  • Real-time Collaboration menyusul.

Honestly, Logseq cocok buat orang yang butuh aplikasi buat nyatet rangkuman kelas, meeting, ataupun riset. Penggunaannya terutama condong untuk ilmu as in ilmu ilmiah. Kalo kamu tertarik untuk sekalian menggunakan aplikasi manajemen ilmu ini untuk nulis, kurasan bakal lebih cocok ke dua aplikasi setelah ini.

Zettlr

Tampilan awal dari Zettlr. Welcomenya keganti waktu nyoba-nyoba.

https://zettlr.com/ - Free, Open Source

Fitur:

  1. Optimasi untuk metode Zettelkasten berupa otomasi penamaan catatan;
  2. Ekspor file catatan ke format-format lain, termasuk Word. Bagus buat yang menggunakan Zettlr untuk catatan tulisan sekaligus tempat menulis;
  3. Bisa buka direktori kerja dari aplikasi langsung tanpa harus mindahin secara manual, kalau sebelumnya menggunakan aplikasi yang secara penuh pake format .md;
  4. Formattingnya plain Markdown dibandingkan dengan dua aplikasi lainnya (tapi efek style formattingnya kelihatan), yang lebih ke arah preview efek styling Markdown, dan stylingnya bisa kelihatan kalo bagian styled textnya difokuskan;
  5. Formatting preview gambar yang sudah ada sebagai aset di dalam direktori kerja menggunakan sistem link;
  6. Ga punya plugin, tapi bisa kustomisasi CSS;
  7. Ada fitur sitasi yang built-in;
  8. Fitur template berupa Snippet;
  9. Ga ada fitur sinkronisasi
  10. Cuma ada versi desktop (Windows, Mac OS, dan Linux; Linux ada versi .deb, .rpm, dan AppImage) yang mumpuni, baik untuk x64 maupun ARM.

Zettlr memang dipasarkan sebagai aplikasi penulisan, dan memang fitur-fiturnya sangat memudahkan untuk perencanaan penulisan fiksi dan non-fiksi. Rekomendasi yang bagus buat penulis yang butuh aplikasi all-in-one buat catatan dan tempat nulis sekaligus.

Obsidian

Nulis artikel ini pake Obsidian.

https://obsidian.md - Free with paid features, Closed Source.

Fitur:

  1. Direktori kerja yang paling straightforward dibandingkan dua aplikasi lainnya;
  2. Fitur template;
  3. Formattingnya Markdown yang dibuat supaya lebih enak dilihat. Style teks bisa kelihatan kalau kursor teks diarahkan ke sana, tapi kalau out of focus bakal jadi jenis stylingnya aja;
  4. Ada daily notes buat jurnal/diari harian;
  5. sistem nested tags. alih-alih bikin tags terpisah untuk beberapa hal yang masih masuk kepada satu kategori, kamu bisa pake tags macem direktori berupa # tags-utama/tags-sekunder.
  6. Ada plugin untuk mengembangkan fitur dari aplikasi, dan berdasarkan beberapa youtuber ini yang membuat Obsidian jadi sangat powerful dibandingkan aplikasi-aplikasi manajemen ilmu lain;
  7. Fitur sinkronisasi (dan kolaborasi) dibuat berbayar, tapi aplikasi dasarnya sendiri gratis. Fitur sinkronisasinya sendiri termasuk bagus karena bisa selektif soal apa saja yang perlu disinkronkan, dan ada fitur recovery yang aku asumsikan macem snapshot;
  8. Ada fitur publish yang berbayar, dan pemasarannya menyebut bisa untuk wiki, dokumentasi, dan semacamnya.

Setelah buka-buka lagi aplikasi selain Obsidian buat artikel ini, bisa dibilang kalo Obsidian ini titik tengah dari tawaran fitur-fitur tambahan yang ditawarkan Logseq dan Zettlr. Ga perlu aku ikut shilling Obsidian kenceng-kenceng, karena udah ada video yang punya peran ini: Hack your brain with Obsidian.md . Video ini juga yang bikin aku nyoba Obsidian dan wow, the video doesn’t lie.

Perlu dicatat kalo semua aplikasi Obsidian-like ini bisa disinkronkan pake aplikasi pihak ketiga, seperti syncthing, karena format data yang digunakan bukan format privat. Asal merhatiin direktori kerjanya aja.

Jadi, pilih yang mana?

Di satu sisi, aku pengen bilang untuk coba aja aplikasi yang sekilas cocok di mata, terus coba salah satu fitur yang memang kamu butuhin di satu waktu itu. Baru setelah terbiasa dengan fitur tadi, coba fitur-fitur lain yang ditawarkan sama aplikasi itu. Kalo ga cocok, ya ganti aplikasi. Ini kurang lebih cara kerjaku, dan rasanya bakal bikin kamu lebih apresiasi fitur di aplikasi yang yang nantinya bakal betah make.

Tapi kalo kamu ga punya banyak waktu untuk dikorbanin, saranku langsung nyoba aplikasi Obsidian-like. Aku rasa kebanyakan orang bakal cocok dengan sistemnya, dan selama kamu ngikutin alur penggunaan yang udah kujabarin sebelumnya, seharusnya kurva pembelajarannya gabakal parah-parah banget sampe bikin frustasi. Bahkan kalau kamu suka kategorisasi catatan sampai di tingkat granular, aku masih ngerasa kategorisasi Obsidian-like yang pake folder dan tags bakal cukup untuk 90% pengguna.

Kecuali kamu sudah dipaksa oleh korporasimu untuk pake salah satu aplikasi manajemen ilmu, ini beberapa ceklis yang bisa digunakan untuk menentukan mending pake aplikasi apa.

  1. Apa kamu peduli dengan lingkungan FOSS?
    • Tidak: Pake Obsidian.
    • Ya: Ke pertanyaan kedua.
  2. Kamu butuh Sync, dan/atau kamu butuh aplikasi buat nyatet catatan sekolah/kuliah?
    • Ya: Pake Logseq.
    • Tidak: Pake Zettlr atau Obsidian. atau:
  3. Kamu butuh aplikasi untuk nulis artikel, paper riset, ataupun tulisan lainnya tapi males make aplikasi Word processor?
    • Ya: Pake Zettlr.
    • Tidak: Pake Logseq atau Obsidian.

Obsidian keluar terus karena emang jadi golden standard aplikasi semacamnya. It’s just that good. Dibandingkan Obsidian, aplikasi Obsidian-like yang FOSS masih kerasa kurang matang, tapi sudah cukup usable untuk bisa digunakan dengan fitur yang mumpuni.

Mulailah membangun otak keduamu kawan, daripada mupeng mikir dan ngingat banyak-banyak hal.